Jakarta – Pihak kepolisian baru-baru ini menegaskan jika vokalis grup band Zivilia, Zulkifli atau Zul, terancam hukuman mati terkait kasus dugaan penyalahgunaan narkoba yang saat ini tengah menjeratnya.

Sita 9,5 Kilogram Sabu, Polisi Sebut Zul Zivilia Terancam Hukuman Mati

Hal tersebut berdasar dari barang bukti yang disita dari tangan Zul yang tak sedikit jumlahnya, yaitu sabu seberat 9,5 kilogram, pil ekstasi sebanyak 24.000 butir, dan timbangan elektrik.

“Dengan barang bukti ini, yang bersangkutan (Zul) bersama rekan-rekannya terancam maksimal hukuman mati, minimal 20 tahun, tergantung perannya,” ucap Direktur Reserse Narkoba Polda Metro Jaya Kombes Pol Suwondo Nainggolan di Mapolda Metro Jaya, kawasan Semanggi, Jakarta Selatan, Jumat (8/3/2019).

Suwondo mengungkapkan, berdasarkan dari hasil pemeriksaan awal, peran Zul tak hanya sebagai pengguna semata, melainkan juga menjadi bagian dari jaringan pengedar narkotika. Zul pun disangkakan Pasal 114 ayat 2 juncto Pasal 112 ayat 2 Undang Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkoba karena barang bukti narkoba yang disita beratnya melebihi 5 gram.

“Itu untuk memberikan efek jera,” kata Suwondo.

Sebelumnya, Zul diciduk di apartemen Gading River View, Kelapa Gading, Jakarta Utara, pada Jumat (1/3/2019). Penangkapan Zul dilakukan oleh polisi setelah melakukan pengembangan atas penangkapan sebelumnya terhadap rekan Zul pada 28 Februari 2019 lalu.

(Ikhsan Djuhandar – harianindo.com)