Jakarta – Saat mendengar kata Varises, Anda pasti langsung teringat dengan urat-urat yang menonjol di kaki. Namun, letak varises sebenarnya tidak menentu.

Inilah Beberapa Tip Mengatasi Varises

Selain merusak keindahan kaki, varises bisa mengakibatkan kegiatan sehari-hari terhambat. Sebab, penderita bakal merasakan rasa nyeri. Tubuh yang terserang pun mudah pegal.

Nah, Anda ingin mengatasi varises? Berikut ini ada beberapa tip. Selamat mencoba.
1. Jeruk nipis dan bawang putih
Siapkan 6 siung bawang putih, 2 – 3 buah jeruk nipis, peras dan ambil airnya, dan 2 sendok makan minyak zaitun. Campur semua bahan tersebut, diamkan selama minimal 12 jam kocok dahulu sebelum pemakaian

Pijat lembut bagian yang terkena varises selama 15 menit dengan menggunakan minyak ini. Setelah selesai dipijat, bungkus bagian yang terkena varises tersebut dengan menggunakan kain katun. Lakukan secara rutin setiap malam

2. Pegagan dan teh hijau
Siapkan 10 lembar daun pegagan, 3 sendok makan air teh hijau, dan 3 sendok makan minyak zaitun. Campur semua bahan.

Oleskan dan pijat lembut pada bagian yang terkena varises sampai meresap kedalam kulit. Setelah itu bilas, dan lakukan rutin setiap malam.

3. Minyak zaitun, dan almond.
Siapkan 5 sendok minyak zaitun, 2 biji almond kering. Lakukanlah pijatan secara lembut dan teratur di daerah varises dengan arah menuju jantung.
(Tita Yanuantari – www.harianindo.com)