Jakarta – Samsung dikabarkan tengah mengerjakan smartphone flagship terbarunya, Galaxy Note 10 tahun ini. Ponsel tersebut juga dirumorkan akan memiliki perombakan dari sisi desain, yakni tidak memiliki tombol.

Wow, Samsung Galaxy Note 10 Dihadirkan Tanpa Tombol Power

Samsung Galaxy Note 10

Sebagaimana diberitakan Android Pit Sabtu (30/3/2019) inovasi tersebut akan menjadi salah satu perubahan paling drastis. Pasalnya ponsel tak akan memiliki tombol power, volume rocker, atau tombol bixby.

Menurut rumor, tombol-tombol tersebut akan digantikan dengan tombol virtual dengan gaya HTC U12+ atau navigasi dengan gerakan. Untuk mendapatkan tampilan tersebut, kabarnya perusahaan akan mencoba analisis NDT (Nondestructive Testing). Teknologi ini digunakan untuk memproduksi sensor sensitif tekanan ini.

Dengan mendeteksi tekanan ini dari jari-jari tangan, fungsi yang sama seperti yang dilakukan oleh tombol fisik konvensional akan diaktifkan. Dengan kata lain, pengguna tidak perlu menekan tombol apa pun.

Meskipun demikian, Samsung juga diprediski akan menampilkan fitur terbaru tersebut pada ponsel kelas menengahnya. Hal tersebut seperti yang dilakukan pada Galaxy A8s, di mana Samsung menghadirkan kamera lubang jarum atau kamera di layar pertama kali.

Kemudian, tiga kamera belakang pertama perusahaan juga hadir pada Galaxy A7, sebelum kedua fitur muncul pada Galaxy S10. Selain itu, rumor juga menyebutkan bahwa kamera mampu terintegrasi ke dalam stylus-nya, S-Pen, serta kedatangan versi dengan konektivitas 5G.

Spesifikasi lainnya yakni layar besar 6,6 inci, empat kamera belakang, dan SoC Snapdragon 855 atau Exynos 9820 (tergantung negaranya). Perangkat juga diprediksi hadir pada akhir Agustus atau awal September 2019. (Tita Yanuantari – harianindo.com)