Jakarta – Kemarin, Sandiaga Uno berkesempatan untuk melihat secara langsung alat ATM Beras yang mejeng di Jakarta Young Entrepreneur Summit (YES) 2019. Dirinya mengatakan bahwa ATM Beras menunjukkan ATM Beras ini sudah bisa dioperasikan menggunakan e-KTP.

Hadiri YES 2019, Sandiaga Banggakan ATM Beras

Saat melakukan pengecekan, Sandi menuturkan bahwa “Ada ATM Beras di sini. Saya tadi lihat bahwa e-KTP ini bisa kita pakai karena sudah memiliki chip. Ini membuktikan bahwa dengan teknologi yang dikembangkan anak-anak bangsa bisa ciptakan signifikasi untuk program sosial,”

Dirinya pun menyaksikan secara langsung ketika mesin tersebut dioperasikan dengan e-KTP yang ditempelkan pada mesin ATM Beras, beras pun mengucur di bagian bawah alat. Tentunya tidak semua e-KTP dapat digunakan, hanya e-KTP yang sudah didaftarkan terlebih dahulu yang bisa dipakai untuk ATM Beras ini.

Seorang petugas yang berjaga di ATM Beras ini, sekaligus Director PT Megatron Empat Sekawan, Budi Adji AG mengatakan mesin ATM Beras ini sudah diproduksi secara massal. Bahkan sudah diekspor ke Malaysia.

“Sudah ada di berbagai kota. Kami juga sudah ekspor ke Malaysia. Ada pesanan 60 unit ATM Beras,” kata Budi.

Selain Malaysia, Budi mengungkapkan pihaknya juga sudah diundang Bill Gates Foundation ke Paris. Menurutnya Bill Gates Foundation ingin mempelajari alat ATM Beras untuk keperluan bagi-bagi sembako di India dan Afrika.

(Ikhsan Djuhandar – harianindo.com)