Jakarta – Moeldoko selaku Ketua Harian TKN Jokowi-Ma’ruf sudah menegaskan bahwa ancaman people power yang disebut-sebut oleh Politisi Senior Amien Rais bukanlah suatu hal yang perlu dikhawatirkan masyarakat. Menurutnya, hal itu boleh saja dilakukan bila niat yang ada tidaklah buruk.

Moeldoko Peringatkan Pihak Yang Coba Merongrong Kedaulatan Negara

Saat ditemui di Posko Cemara kemarin, dirinya menuturkan bahwa “Oh ya, saya katakan people power itu bisa dikenali dari niatnya, kalau niatnya baik-baik enggak apa-apa. Kemarin kan kita juga people power itu, di Gelora Bung Karno, tetapi kan niatnya baik. 212 people power (juga) tetapi niatnya baik,”

Akan tetapi dirinya menggarisbawahi bahwa gerakan people power harus dihentikan bila sudah mulai mengganggu kedaulatan negara. Menurutnya, tentara pun harus turun langsung untuk menghentikan people power yang mengancam masyarakat dan negara. Ia menjelaskan, hal itu sebagaimana dituliskan dalam Undang-Undang Nomor 34 tentang TNI.

“Yang pertama adalah menegakkan kedaulatan negara, itu siapapun yang coba-coba untuk mengganggu kedaulatan negara, kedaulatan pemerintah, ada wilayah, ada masyarakat, maka tugas TNI. TNI tidak akan ragu-ragu untuk melakukan sesuatu (bertindak),” ujar Moeldoko.

“Jadi cara melihatnya seperti itu. Begitu niatnya tidak baik, menggoyahkan kedaulatan negara, maka TNI akan masuk ke dalam,” ia mengakhiri.

(Ikhsan Djuhandar – www.harianindo.com)