Home > Ragam Berita > Nasional > Muncul Wacana Presiden 7 Tahun 1 Periode, Ini Kata TKN

Muncul Wacana Presiden 7 Tahun 1 Periode, Ini Kata TKN

Jakarta – Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin menilai wacana yang dilemparkan politisi Gerindra, Andre Rosiade, soal masa jabatan Presiden RI 7 tahun dinilai berlebihan karena harus mengamandemen UUD 1945 terlebih dahulu.

Muncul Wacana Presiden 7 Tahun 1 Periode, Ini Kata TKN

“Jadi saya kira berlebihan lah ya. Menurut saya kenapa berlebihan karena itu amendemen UUD lagi dan jalannya masih panjang,” ujar Direktur Komunikasi Politik TKN, Usman Kansong, di Posko Cemara, Jl Cemara, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (27/4/2019).

Menurut Usman, masa jabatan presiden 7 tahun tidak menjamin kinerjanya. Usman kemudian mencontohkan apa yang terjadi di Filipina.

“Di Filipina itu 7 tahun, tidak menjamin kemudian presidennya benar juga. Jadi harus ada amandemen UUD dulu, karena UUD mengatur itu bahwa presiden dipilih untuk menduduki jabatan selama lima tahun dan bisa dipilih kembali untuk satu periode berikutnya,” kata Usman.

UUD 1945 sendiri menurut Usman telah mengalami amandemen sebanyak empat kali.

“Sementara amandemen UUD kita ini kan juga masih banyak dipersoalkan. Ini kan sudah ke-4 amandemen kita. Apakah kita mau kembali lagi ke UUD yang awal atau cukup. Saya kira amandemen ada kemajuan. Misalnya presiden ialah orang Indonesia, dulu kan presiden ialah orang Indonesia asli, sekarang presiden ialah orang Indonesia,” jelas Usman.

Selain itu Usman mencontohkan presiden di Amerika Serikat yang umumnya menjabat selama 2 periode.

“Di Amerika kita lihat, di Amerika itu 4 tahun kemudian bisa dipilih kembali pada periode berikutnya. Bahkan umumnya dia mewakili itu presiden menjabat dua periode pada umumnya. Ya kita lihat Obama, kemudian Bush, kemudian sebelumnya itu Clinton dalam tanda petik separah apapun presidennya,” tutur Usman.
(samsularifin – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

AHY Bertemu Jokowi, Petinggi Demokrat Ini Sebut Koalisi Prabowo-Sandi Masih Solid

AHY Bertemu Jokowi, Petinggi Demokrat Ini Sebut Koalisi Prabowo-Sandi Masih Solid

Jakarta – Komandan Kogasma Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) memenuhi undangan Presiden Jokowi untuk ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 409

Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135