Home > Ragam Berita > Nasional > Jokowi-Ma’ruf Sementara Unggul, Real Count KPU Masih Mungkin Berubah

Jokowi-Ma’ruf Sementara Unggul, Real Count KPU Masih Mungkin Berubah

Jakarta – Penghitungan real count yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah mencapai angka 47,53% dari total 813.350 TPS. Dan dari hasil tersebut memperlihatkan bahwa Jokowi-Ma’ruf masih unggul daripada Prabowo-Sandiaga.

Jokowi-Ma'ruf Sementara Unggul, Real Count KPU Masih Mungkin Berubah

Saat dihubungi kemarin, Fadil selaku Peneliti dari Perludem menuturkan bahwa “Kalau kemungkinan (berubah) tetap saja ada. Karena dua hal itu suaranya masih belum masuk semua, dan yang menjadi patokan hasil akhir adalah hasil hitung manual yang masih berjalan,”

“Signifikan atau tidaknya di Situng KPU, mesti dilihat proporsinalitas sebaran daerah dari suara yang masuk. Karena ada beberapa daerag yang pemilih padat, ada yang jarang. Dan itu akan sangat berpengaruh terhadap signifikan atau tidaknya hasil penghitungan,” ujar Fadil.

Sedangkan Hadar Nafis Gumay menuturkan bahwa perubahan hasil penghitungan masih sangat mungkin terjadi. Itu karena metode penghitungan manual yang dilakukan KPU dilakukan tidak mematok pada perwakilan wilayah.

“Karena di metode KPU itu mana data yang masuk ya itu yang digunakan untuk ke data mereka yang sekarang sudah 47% itu. Tidak menggunakan metode perwakilan provinsi atau wilayah gitu,” ujar Hadar.

“Jadi jangan dulu klaim kemenangan, kawal terus proses yang masih berjalan di tingkat kecamatan saat ini. Agar kalau ada kecurangan lebih mudah diprosesnya,” ujar Hadar.

(Ikhsan Djuhandar – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Habib Rizieq Beberkan Kekecewaannya Terhadap Prabowo

Habib Rizieq Beberkan Kekecewaannya Terhadap Prabowo

Jakarta – Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto pernah secara tidak sengaja membuat Habib ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 409

Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135