Home > Ragam Berita > Nasional > Protes Kapal Vietnam Tabrak KRI TNI AL, Kementerian Luar Negeri Panggil Dubes Vietnam

Protes Kapal Vietnam Tabrak KRI TNI AL, Kementerian Luar Negeri Panggil Dubes Vietnam

Jakarta – Kementerian Luar Negeri (Kemlu) memanggil perwakilan dari Kedutaan Besar Vietnam untuk menyampaikan protes terkait insiden kapal pengawas perikanan Vietnam yang menabrak KRI TNI AL Tjiptadi-381 di perairan Natuna Utara.

Protes Kapal Vietnam Tabrak KRI TNI AL, Kementerian Luar Negeri Panggil Dubes Vietnam

“Pagi tadi Kementerian Luar Negeri telah memanggil wakil dari kedubes Vietnam di Jakarta dan menyampaikan protes Indonesia atas kejadian yang terjadi kemarin. Kementerian Luar Negeri menunggu laporan lengkap atas kejadian tersebut dari panglima TNI untuk kita jadikan dasar dalam penyelesaian masalah ini dengan pemerintah Vietnam,” ujar Juru Bicara Kemlu Arrmanatha Nasir di kantornya, Jalan Pejambon, Jakarta Pusat, Senin (29/4/2019).

Kemlu RI menyayangkan insiden tersebut karena KRI TNI AL Tjiptadi-381 dalam posisi sedang melakukan penegakan hukum terhadap penangkapan ikan secara ilegal yang dilakukan kapal Vietnam BD 979, namun kemudian mendapatkan provokasi dari kapal pengawas perikanan Vietnam.

“Indonesia sangat menyesalkan kejadian yang terjadi antara kapal dinas perikanan Vietnam dan KRI Tjiptadi-381 yang terjadi kemarin di perairan antara Indonesia dan Vietnam. Intinya bahwa tindakan yang dilakukan oleh kapal dinas Vietnam itu sangat membahayakan personel baik dari KRI maupun dari kapal Vietnam itu sendiri. Dan selain itu, tindakan-tindakan yang dilakukan oleh kapal dinas Vietnam itu melanggar hukum internasional,” tegas Arrmanatha.
(samsularifin – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Massa Berbaju Hitam Yang Bikin Rusuh di Hari Buruh Ternyata Anggota Kelompok Anarcho Syndicalism

Massa Berbaju Hitam Yang Bikin Rusuh di Hari Buruh Ternyata Anggota Kelompok Anarcho Syndicalism

Jakarta – Sekelompok massa berbaju serba hitam yang membuat rusuh saat peringatan Hari Buruh (May ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 409

Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135