Home > Ragam Berita > Nasional > Koalisi Indonesia Kerja Klaim Menguasai 60 Persen Kursi di DPR

Koalisi Indonesia Kerja Klaim Menguasai 60 Persen Kursi di DPR

Jakarta – Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengklaim Koalisi Indonesia Kerja (KIK) yang mengusung capres dan cawapres Jokowi-Ma’ruf Amin menguasai 60 persen kursi di parlemen berdasarkan hasil Pemilu 2019.

Koalisi Indonesia Kerja Klaim Menguasai 60 Persen Kursi di DPR

“Pemerintahan kedua Pak Jokowi tidak hanya makin efektif dan solid. Konfigurasi politik pun semakin matang, di mana legitimasi yang diberikan rakyat ke Jokowi-KH Ma’ruf Amin senafas dengan kuatnya dukungan di DPR,” ujar Hasto Kristiyanto dalam keterangan tertulis, Senin (29/4/2019).

Menurut Hasto, berdasarkan quick count alias hitung cepat internal, partai-partai KIK yang lolos parliamentary threshold mengasai 60,7 persen kursi di DPR.

“Simulasi berdasarkan quick count yang kami lakukan di setiap dapil DPR RI, maka Koalisi Indonesia Kerja setidaknya mendapatkan 349 kursi atau 60.7%. Suatu dukungan yang akan memperkuat sistem presidensial. Selamat buat Pak Jokowi-KH Ma’ruf Amin,” ungkap Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf ini.

Hasto juga menyinggung soal banyaknya anggota penyelenggara Pemilu yang meninggal dunia pada Pemilu 2019 ini.

“Kita juga tidak boleh menyia-nyiakan para pahlawan demokrasi yang telah gugur dalam tugas. PDI Perjuangan tidak hanya mengucapkan belasungkawa yang sedalam-dalamnya, tetapi juga sudah menginstruksikan kepada Tiga Pilar Partai untuk memberikan penghormatan terbaik terhadap mereka yang telah gugur,” kata Hasto.

“Jangan sia-siakan perjuangan mereka. Pak Jokowi-KH Maruf Amin telah menang. Rakyat Indonesia Menang. Saatnya merajut semangat persatuan,” pungkasnya.

Berikut ini hasil quick count Charta Politika untuk Pemilu 2019 :

PDIP (19,93%)
Partai Gerindra (12,75%)
Partai Golkar (11,8%)
PKB (9,67%)
PKS (8,57%)
Partai NasDem (8,20%)
Partai Demokrat (7,71%)
PAN (6,97%)
PPP (4,73%)
Perindo (2,76%)
PSI (2,05%)
Partai Berkarya (2,02%)
Partai Hanura (1,79%)
PBB (1,02%)
Partai Garuda (0,53%)
PKPI (0,27%)
(samsularifin – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Massa Berbaju Hitam Yang Bikin Rusuh di Hari Buruh Ternyata Anggota Kelompok Anarcho Syndicalism

Massa Berbaju Hitam Yang Bikin Rusuh di Hari Buruh Ternyata Anggota Kelompok Anarcho Syndicalism

Jakarta – Sekelompok massa berbaju serba hitam yang membuat rusuh saat peringatan Hari Buruh (May ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 409

Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135