Home > Ragam Berita > Nasional > Pengamat Menilai Narasi Kecurangan Dihembuskan Pihak Kalah Karena Minim Bukti

Pengamat Menilai Narasi Kecurangan Dihembuskan Pihak Kalah Karena Minim Bukti

Jakarta – Feri Amsari selaku Direktur Pusat Studi Konstitusi (Pusako) Universitas Andalas beberkan penilaiannya bahwa narasi kecurangan yang dituduhkan kubu 02 kepada Komisi Pemilihan Umum ialah ucapan wajar dari orang kalah.

Pengamat Menilai Narasi Kecurangan Dihembuskan Pihak Kalah Karena Minim Bukti

Saat dihubungi, Feri menuturkan penilaiannya bahwa “Upaya mendelegitimasi KPU sebenarnya adalah cara untuk menghasut publik agar bertindak di luar koridor hukum,”

Upaya membangun persepsi publik bahwa ‘kami tidak kalah’, jelasnya, disebabkan beratnya pembuktian mengenai terjadinya kecurangan atau kealpaan KPU. Hal itu karena dari hasil quick count dan real count sementara, kubu yang kalah terpaut 9%-12%, yang berarti berjarak 15 juta-20 juta suara.

“Jaraknya sangat jauh sehingga untuk membuktikan di MK telah terjadi kecurangan atau kealpaan di 100 ribu-200 ribu TPS amatlah sulit. Bahkan tidak masuk akal bisa diperoleh sehingga perlu alternatif untuk menciptakan politik zero sum game (semuanya kalah),” jelas Feri.

“Dampaknya ini bisa menimbulkan keresahan dan menghilangkan kepercayaan kepada penyelenggara dan pemerintah terpilih. Lalu membangun antisipasi terhadap mekanisme demokrasi dan proses hukum. Hentikan narasi kecurang-an itu,” katanya.

(Ikhsan Djuhandar – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Ini Dia Daftar Nama Para Pakar Yang Duduk di Tim Hukum Bentukan Wiranto

Ini Dia Daftar Nama Para Pakar Yang Duduk di Tim Hukum Bentukan Wiranto

Jakarta – Menko Polhukam Wiranto telah resmi membentuk Tim Asistensi Hukum yang terdiri dari para ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 409

Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135