Jakarta – Pemerintah melalui Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengumumkan bahwa tarif batas atas tiket pesawat diturunkan antara 12-16 persen.

Tarif Batas Atas Tiket Pesawat Turun 15 Persen

Hal itu diungkapkan Darmin setelah menggelar rapat koordinasi (rakor) di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Senin (13/5/2019).

“Penurunan tidak sama antara rute satu dengan yang lain, cuma rata-rata kita belum hitung 100 persen. Range-nya 12-16 persen. Kita harapkan dia akan dekat ke 15 persen turunnya” kata Darmin di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Senin (13/5/2019).

Menurut Darmin, penurunan TBA ini juga merupakan tindak lanjut dari hasil Rakortas Tarif Tiket Pesawat yang sudah dilakukan pada 6 Mei 2019 lalu dimana Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi ketika itu berjanji akan melakukan evaluasi.

“Sehingga sejak minggu lalu sudah ada kesepakatan pemerintah melalui Menhub akan melakukan penurunan pada TBA, tarif batas bawah (TBB) nggak usah,” ujar Darmin.

Hal ini diputuskan karena tarif tiket pesawat mengalami kenaikan cukup tinggi, yakni 11,4 persen bila dibandingkan dengan tarif angkutan lain seperti bus, kereta api, kapal laut, dan kapal penyeberangan.

“Jadi angka itu kemudian menunjukkan bahwa beban bagi konsumen yang mempengaruhi tentu saja pengeluaran rumah tangga itu cukup tinggi dan itu berarti konsumen dari angkutan udara bukan sekadar rumah tangga, ada sektor lain, seperti pariwisata,” jelas Darmin.
(samsularifin – harianindo.com)