Jakarta – Eggi Sudjana kali ini lancarkan protes terkait penahanan dirinya. Dirinya menilai saat ini masih menjabat selaku advokat dan tak dapat dipidana atau digugat, baik di dalam maupun di luar sidang.

Eggi Sudjana Klaim Dirinya Adalah Advokat dan Tak Bisa Dipidana

Saat ditemui di Polda Metro Jaya kemarin, Eggi menuturkan bahwa “Pihak kepolisian telah menetapkan saya sebagai tahanan untuk 20 hari ke depan, tapi saya tidak menandatangani atau saya menolak sebagai ditahan begitu. Karena ada lima alasan, antara lain saya sebagai advokat. Menurut UU Nomor 18 Tahun 2003 Pasal 16, advokat tidak dapat dipidana atau digugat, baik di dalam maupun di luar sidang. Itu keputusan juga dari Mahkamah Konstitusi Nomor 26 Tahun 2014,”

Dirinya juga beralasan bahwa harus ada proses soal kode etik advokat terlebih dulu terhadap dirinya. Dia juga menyatakan proses perkara di kepolisian harusnya menunggu putusan praperadilan yang diajukannya.

“Ketiga, berkait dengan praperadilan, saya sudah ajukan praperadilan minggu lalu. Mestinya diproses dulu praperadilan. Kemudian keempat berkait dengan gelar perkara, gelar perkara mesti dilakukan sesuai dengan Perkap Kapolri Nomor 14 Tahun 2018, kurang-lebih itulah. Tapi sisi lain pihak kepolisian juga punya kewenangan, kita ikuti kewenangannya,” jelasnya.

“Saya juga punya kewenangan sebagai advokat dan kita sesuai dengan profesional, modern, dan tepercaya, di sini kita ikuti prosesnya. Semoga keadilan akan didapat kita semua,” ucap Eggi.

(Ikhsan Djuhandar – harianindo.com)