Jakarta – Bila bayi menjadi rewel dan tidak mau juga berhenti menangis, hal ini menjadi masalah tersendiri bagi orang tua karena tentu saja tidak menyenangkan mendengar tangisan bayi dalam waktu yang lama.

Si Kecil Tak Juga Berhenti Menangis? Coba Tips Ini

Sebagian orang tua bisa langsung menenangkan bayinya dengan satu cara, namun hal ini bisa saja tidak berlaku bagi bayi yang lain. Berikut ini beberapa cara yang biasanya manjur untuk menenangkan bayi yang sedang menangis:

1. Letakkan Bayi di Atas Mesin Cuci
Bagi sebagian bayi, getaran yang ia rasakan dapat menenangkannya. Bila Anda tidak mempunyai ayunan bayi yang bisa bergetar, cukup letakkan bayi Anda di atas mesin cuci yang bergetar. Namun hal ini harus tetap dalam pengawasan Anda.

2. Bisikkan ‘Shhhh’ di Telinga Si Kecil
Suara ‘shhhh’ di dekat telinga bayi dipercaya dapat menenangkannya. Lakukan secara berulang-ulang di saat ia menangis, mungkin bayi Anda bisa jadi justru akan tertidur.

3. Ayunkan
Gendong si kecil sambil diayun-ayukan secara bolak-balik. Gerakan ini biasanya akan membuat bayi tenang.

4. Menyalakan Keran Air
Suara gemericik air memiliki efek menenangkan, tidak hanya bagi orang dewasa namun juga bagi bayi. Hal ini juga diungkapkan oleh Pangeran William saat menenangkan Pangeran George, anaknya, jika menangis.
(Tita Yanuantari – harianindo.com)