Jakarta – Sejumlah satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di Pemprov DKI Jakarta akan mengalami perubahan nama. Hal itu disampaikan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam rapat paripurna penyampaian usulan revisi Perda Nomor 5 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah bersama DPRD DKI Jakarta.

“Penataan tersebut dimaksudkan agar perangkat daerah yang secara eksisting berjumlah 42 (empat puluh dua) dapat menjadi lebih tepat fungsi, tepat ukuran, dan sinergis,” kata Anies pada Senin (24/06/2019).

Berdasarkan penuturan Anies, dari 42 SKPD, lima diantaranya mengalami perubahan nama, satu dinas dipecah jadi dua, dan satu dibubarkan.

Salah satu usulan perubahan adalah Dinas Kehutanan menjadi Dinas Pertamanan dan Hutan Kota. Hal tersebut dimaksudkan demi percepatan kualitas dan kuantitas ruang terbuka hijau.

Baca Juga: LAMA TAK TERDENGAR, RUMAH DP 0 BAKAL RAMPUNG DALAM WAKTU DEKAT

Kemudian, Dinas Perindustrian dan Energi akan dibubarkan. Sebagai gantinya, Anies mengusulkan peleburan Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah menjadi Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan KUKM. Sementara urusan energi akan diurus oleh Dinas Lingkungan Hidup yang diubah menjadi Dinas Lingkungan Hidup dan Energi.

“Dengan pertimbangan integrasi pengembangan energi yang aman dan handal dengan konsep lingkungan hidup yang ramah dan berkelanjutan (sustainable) guna mendukung pengembangan kota,” ujar Anies.

Badan Pajak dan Retribusi Daerah juga turut diubah menjadi Badan Pendapatan Daerah. Hal tersebut dimaksudkan untuk memperluas fungsi Badan Pajak. Sedangkan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan rencananya akan dipecah menjadi Dinas Kebudayaan serta Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Diharapkan, perubahan nama tersebut mulai berlaku paling lambat setelah perda disahkan pada 2 Januari 2020.

“Dengan perubahan materi muatan dimaksud, perangkat daerah yang tetap berjumlah 42 setelah perubahan diharapkan dapat melaksanakan tugas dan fungsinya secara efektif, optimal, efisien, dan berkualitas dengan prinsip tepat fungsi dan tepat ukuran,” kata Anies. (Elhas-harianindo.com)