Jakarta- Ketua tim hukum Prabowo-Sandiaga Uno dalam sengketa perselisihan hasil pilpres, Bambang Widjodjanto (BW), mengklaim bahwa pihaknya tidak memiliki saksi di seluruh tempat pemungutan suara (TPS). Walau demikian, dia teapt percaya bahwa terjadi kecurangan secara terstruktur, masif dan sistematis (TSM) terjadi dalam Pilpres 2019.

“Tidak, tidak, kita tidak punya saksi di (semua) TPS pasti, ” ujar BW di Gedung Mahkamah Konstitusi (MK), Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamis (27/06).

Hal itu dinyatakannya saat mengomentari alat bukti berupa rekaman video yang disebut MK tidak mendukung dalil permohonan Prabowo-Sandiaga Uno. BW menyatakan dengan tegas bahwa video itu diambil oleh masyarakat dan sudah diberi keterangan singkat.

Dia pun menjelaskan jika semua video yang disampaikan ke MK sebagai alat bukti telah melalui tahapan validasi sederhana. “Tetapi kan mahkamah meminta secara detail yang ada pengaruhnya dengan perolehan suara (pilpres). Tetapi setidaknya ini adalah bentuk citizen journalism. Jadi ada perbedaan cara pandang yang diajukan masyarakat dan diminta mahkamah kebenarannya itu,” lanjut BW.

Walaupun demikian, BW tetap menghargai MK yang mau menelaah semua video tersebut. “Tapi kalau mau diapresiasi itu hampir seluruh video yang diberikan dari masyarakat kepada kami itu dikomentari oleh mahkamah. Itu menarik, ” tambahnya. (Hari-www.harianindo.com)