JAKARTA – Mahkamah Konstitusi (MK) tidak mengabulkan gugatan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Dengan demikian, Joko Widodo (Jokowi) secara otomatis menjadi Presiden Indonesia selama lima tahun ke depan.

Kemenangan Jokowi membuat posisi Imam Besar Front Pembela Islam (FPI), Habib Rizieq Shihab semakin tertekan dan terpojokan.

Habib Rizieq bakal tinggal lama di Arab Saudi. Sebab, jika pendiri FPI itu kembali ke tanah air, sangat memungkinkan ia langsung dijebloskan ke penjara.

Habib Rizieq akan terus berjuang dari Arab Saudi. Ia telah berpesan kepada para pengikutnya di tanah air untuk tidak pernah menyerah dalam berjuang.

Pesan Habib Rizieq disampaikan langsung oleh Ketua Umum FPI, Sobri Lubis saat berorasi dalam aksi kawal putusan sidang sengketa Pilpres 2019, Kamis (27/06/2019).

“Pesan Habib Rizieq, berjuang tidak boleh berhenti, apapun yang terjadi tetap menegakkan keadilan yang hakiki daripada rakyat Indonesia,” ujar Sobri.

Menurut Sobri, penegakan kebenaran menjadi harga mati untuk diperjuangkan oleh rakyat Indonesia.

Menurutnya, kemenangan 01 adalah sebuah bukti ketidakadilan yang terjadi di Indonesia.

Lain halnya dengan Prabowo Subianto. Calon Presiden nomor urut 02 itumenghargai keputusan MK meski telah banyak membuat pendukungnya kecewa.

“Kami mengerti bahwa keputusan itu sangat mengecewakan bagi kami dan pendukung, tetapi sesuai kesepakatan kami patuh dan ikuti jalur konstitusi yaitu UUD 1945 dan sistem undang-undang yang berlaku. Maka dengan ini kami nyatakan bahwa kami hormati hasil keputusan MK,” kata Prabowo ketika menggelar konferensi pers di kediamannya, Kamis (27/06) malam.

Prabowo menyatakan hanya bisa pasrah dan menyerahkan semua kebenaran serta keadilan yang hakiki kepada Allah.

“Tentunya setelah ini kami akan segara konsultasi dengan tim hukum untuk minta saran dan pendapat apakah masih ada langkah hukum dan konstitusional lain yang mungkin bisa ditempuh,” imbuh mantan Danjen Kopassus ini.

Dalam waktu dekat, Prabowo juga akan mengundang seluruh pemimpin partai koalisi yang selama ini sudah mendukungnya bersama Sandiaga Uno. “Kami akan tentukan langkah ke depan,” sambung dia.

Prabowo menyampaikan terima kasih kepada sekuruh anggota partai koalisi atas kepercayaan dukungan kerja keras dan loyalitas terhadapnya. (Hari-www.harianindo.com)