Jakarta – Usai ditetapkan KPU sebagai presiden terpilih 2019-2024, Joko Widodo (Jokowi) menyatakan ingin merangkul semua pihak untuk bersama-sama mebangun kemajuan bangsa. Jokowi secara terbuka mengajak lawan politiknya di Pilpres 2019, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, untuk bersama-sama menunaikan tugas tersebut.

Jokowi menyatakan keinginannya itu saat menyampaikan pidato pasca ditetapkan KPU sebagai presiden terpilih di gedung KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Minggu (30/06/2019). Jokowi awalnya menyampaikan terima kasih kepada rakyat yang telah memberikan amanah untuk melanjutkan pembangunan Indonesia lalu mengatakan membangun negara tidak bisa dilakukan oleh satu orang, dua orang, atau kelompok tertentu.

“Saya mengajak Pak Prabowo Subianto dan Pak Sandiaga Uno untuk bersama-sama membangun negara ini,” kata Jokowi.

Jokowi percaya bahwa Prabowo-Sandi mau bekerja bersama membangun negara. Dia menyebut Prabowo-Sandi sebagai patriot.

“Saya yakin beliau berdua adalah patriot yang menginginkan negara kita makin kuat, maju, adil, dan makmur,” ucap Jokowi.

Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menyatakan hal yang sama dengan Jokowi.

Hasto menegaskan Indonesia tidak mengenal oposisi. Semua pihak akan dirangkul.

“Jadi tidak ada istilah oposisi dalam konstitusi kita, yang ada adalah semangat bekerja sama membangun negeri untuk kemajuan Indonesia Raya kita,” kata Hasto.

Hasto menyatakan bahwa koalisi hanya dibangun hanya untuk kepentingan pilpres. Begitu pilpres selesai, koalisi sudah selesai. Tugas semua pihak adalah mengawal pemerintahan Jokowi-Ma’ruf yang akan datang.

PDIP sebagai partai dengan suara terbanyak yang mendukung Jokowi-Ma’ruf membuka tangan bagi semua pihak untuk berkerja bersama membangun Indonesia. Parpol-parpol di luar pemerintahan pun disebutnya bukan oposisi karena masih berdiskusi bersama dengan partai pendukung pemerintah.

“Jadi dalam banyak hal ketika ada partai memilih berada di luar pemerintahan pun ketika kita di DPR kita duduk bersama bermusyawarah bersama,” kata Hasto. (Hari-www.harianindo.com)