Jakarta – Basuki Tjahaja Purnama (BTP) diperkirakan akan memiliki peluang untuk maju sebagai calon presiden tahun 2024 dengan efek kejut. Pernyataan tersebut disampaikan oleh Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA.

“Bisa jadi BTP masuk sebagai sosok misterius yang tadi. Sosok X yang nomor 15 tadi, efek kejut ke depan 2024,” ungkap peneliti LSI Rully Akbar seusai konferensi pers di kantor LSI, Jalan Pemuda, Rawamangun, Jakarta Timur, Selasa (02/07/2019).

Menurut Rully status BTP yang pernah dipenjara akan disorot besar-besaran oleh saingannya nanti pada 2024. Apabila Ahok ingin turut masuk ke bursa capres 2024, ia perlu mencetak sejumlah prestasi sebagai modalnya di 2024.

Baca Juga: Ricuh, Relawan Prabowo-Sandi Beda Sikap Soal Putusan MK

“Secara otomatis tentu (status narapidana) menjadi sorotan kompetitornya. Mau tidak mau itu akan digunakan untuk menyerang terhadap BTP. Tapi tinggal bagaimana BTP melakukan klarifikasi, melakukan defensiasi sendiri dengan prestasi-prestasi, untuk memperkuat namanya di 5 tahun ke depan,” ujarnya.

“Ketika dia misalnya nanti mulai aktif kembali di jabatan publik, ya dari situlah Pak Ahok bisa menunjukkan, supaya ada efek pemilih untuk Ahok ke depan sebagai presiden,” sambungnya.

LSI merilis data bahwa mereka memprediksi 14 nama bakal calon presiden 2024. Nama-nama yang disebut yaitu Ridwan Kamil, Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, Khofifah Indar Prawansa, Prabowo Subianto, Sandiaga Uno, Airlangga Hartarto, Agus Harimurti Yudhoyono, Puan Maharani, Muhaimin Iskandar, Sri Mulyani, Budi Gunawan, Tito Karnavian, Gatot Nurmantyo, serta satu sosok Mr X yang belum bisa diperkirakan oleh lembaga survei tersebut. (Elhas-www.harianindo.com)