Jakarta- Pasca acara Syukuran Nasional 2019 yang digelar di Sentul International Convention Center (SICC) terlihat berserakan bekas kotak makan dan air mineral. Samaph bekas makanan dan minuman tersebut tersebar disetiap sudut lapangan SICC.

Kebanyakan sampah merupakan bekas tempat makan dan minum. Seperti kardus bekas nasi kotak, gelas plastik bekas air mineral, dan botol plastik bekas air mineral.

Dari pantauan sejak pukul 15.00 WIb tak tampak ada tempat sampah di setiap sudut lapangan SICC. Tidak terlihat pula panitia atau petugas kebersihan yang membersihkan sampah tersebut.

Melalui pembawa acara tealh disampaikan upaya untuk membersihkan sampah. Salah satunya adalah saat presenter Indra Bekti yang meminta pengunjung untuk membersihkan sampah masing-masing. Namun pengunjung pun tak menggrubis himbauan tersebut.

“Tolong sampahnya di-maem [dimakan],” kata dia sambil bercanda. “Tolong sampahnya dibawa pulang masing-masing.”

Hal serupa juga dinyatakan oleh Asty Ananta selaku pembawa acara juga. Namun tak banyak pengunjung yang melakukan seruan Asty.

“Ayo kita bersihkan, sampah dibuang pada tempatnya. Karena kita kan cinta kebersihan,” kata Asty.

Presiden Jokowi beserta KH Ma’ruf Amin dijadwalkan hadir dalam acara Syukuran Nasional 2019 kali ini. Rencananya, Jokowi akan memberikan pidatonya dalam acara tersebut. (Hari-www.harianindo.com)