Jakarta – Politikus Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Guntur Romli geram mendengar pernyataan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang enggan menggunakan besi untuk Instalasi Getah Getih karena khawatir uangnya mengalir ke Tiongkok. Padahal Guntur beranggapan bahwa Anies bisa membeli besi di Tanah Air.

Pernyataan Anies memancing beragam reaksi dari warganet, termasuk Guntur. Anies saat itu membela diri harus membuat Instalasi Seni Getah Getih dari bambu untuk memberikan rezeki kepada penjual bambu. Sedangkan kalau menggunakan besi malah menguntungkan Tiongkok.

“Komen goblok @aniesbaswedan beli besi kok harus impor, emang enggak tahu Krakatau Steel?,” kata Guntur melalui akun Twitternya @GuntuRomli pada Jumat (19/07/2019).

Saking tidak habis pikir dan geramnya, Guntur sampai mempertanyakan pengetahuan Anies akan penjual besi di tanah air. Malahan Guntur mengajak Anies untuk membeli besi di Cakung, Jakarta Timur.

“Kalau mau beli yang bekas, saya anterin ke juragan-juragan Madura di Cakung!,” tandasnya.

Untuk diketahui, Anies Baswedan menampik pembuatan Instalasi Seni Getah Getih dituding banyak pihak hanya membuang anggaran. Menurutnya, pembuatan patung dalam rangka memeriahkan Asian Games 2018 itu menguntungkan petani bambu.

Ia mengaku sengaja memilih monumen yang terbuat dari bambu agar menguntungkan masyarakat dalam negeri. Dia beranggapan bahwa jika mengambil material seperti besi, maka harus mengimpor dan menguntungkan pihak luar negeri.

“Kalau saya memilih besi, maka itu impor dari Tiongkok mungkin besinya. Uangnya justru tidak ke rakyat kecil,” ujar Anies di Balai Kota, Jumat (19/07/2019). (Hari-www.harianindo.com)