Jakarta – Partai Nasdem turut berkomentar terkait posisi Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR). Mereka menilai wajar saja apabila PDIP sebagai pemenang Pilpres 2019 menduduki kursi Ketua PDIP. Pernyataan tersebut dilontarkan oleh Ketua DPP Nasdem Effendy Choirie.

“Pandangan kami, PDIP yang jadi Ketua MPR karena pemenang. DPR juga pemenang, ya, kami hormati pemenang,” kata Effendy Choirie pada Sabtu (27/07/2019).

Bagi Effendy, sudah seharusnya PDIP menempati posisi Ketua MPR maupun DPR. Nasdem sepenuhnya mendukung PDIP daripada partai oposisi yang dinilainya tak pantas. Walaupun partai tersebut menyeberang ke koalisi pemerintahan.

Baca Juga: Puan Maharani Buka Suara Soal Peluangnya Duduki Kursi DPR

“Kami kasih kesempatan pertama bagi pemenang, meskipun (peraturan) nggak menyatakan otomatis, seperti DPR, tetapi demokrasi ini yang pertama ini kasih kesempatan PDIP,” ujar politisi kelahiran Gresik itu.

Perihal alokasi jabatan untuk partai-partai pendukung Jokowi, Effendy mengklaim bahwa Nasdem tidak menganggap hal tersebut penting. Menurutnya, Nasdem mendukung total kemenangan Jokowi dalam Pilpres 2019 tanpa memikirkan imbalan kursi jabatan.

“Kami bertemu ada yang bertanya, ‘Bang kita dapat kursi berapa,’ ada yang tanya. Kata Bang Surya, ‘Di situ bukan moral kita, bukan mental kita, akhlak kita,’ Akhlak kita mendukung full seluruhnya untuk Jokowi, setelah itu terserah Jokowi,” tandas Effendy. (Elhas-www.harianindo.com)