Surabaya – Nama Basuki Thahaja Purnama alias Ahok, digadang-gadang masuk bursa salah satu kandidat Calon Wali Kota Surabaya pada Pilkada Serentak 2020. Selain Ahok, nama Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) juga turut masuk di dalamnya.

Pemerhati politik dari Damai Center for Social Life, Belina Ho menyatakan, mantan Gubernur DKI Jakarta ini bisa menggandeng kalangan NU. Sehingga peluang untuk bisa memenangkan Pilwali Surabaya akan semakin besar.

Apalagi Risma yang saat ini menjabat sebagai Wali Kota Surabaya tidak turut kembali dalam Pilkada 2020. Pasalnya Risma telah menduduki jabatan selama dua periode.

“Saya mengusulkan nama Basuki Thahaja Purnama, Gus Hans, Dhimas Anugrah, Hendro Gunawan, Indah Kurnia, Audrey Yu, Agus Yudhoyono, dan Kirana Larasati untuk bertarung di Pilkada Surabaya,” ucap Belina Ho, Selasa (30/07/2019).

Belina Ho melanjutkan bahwa dirinya melihat peluang terbesar di Pilkada Surabaya nanti ada pada golongan nasionalis dan Nahdliyin. Jika keduanya bersatu, tokoh yang mereka dukung akan berada pada posisi terdepan.

Sempat menyinggung peluang sosok figur muda dalam Pilkada Surabaya, menurutnya, mereka juga mempunyai peluang. Sebab, kaum milenial memang mempunyai perhatian terhadap Kota Surabaya.

“Menjadi Wali Kota Surabaya tidak mudah, melainkan harus mau serius mendengar keluhan warga dan berani ambil keputusan. Itu yang harus diingat,” tutur dia. (Hr-harianindo.com)