Palembang – Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Sumatera Selatan rupanya juga terjadi di sekitar Jalan Tol Palembang-Indralaya (Palindra) . Pada Senin (05/08/2019) kemarin, tim darat Satgas Karhutla Sumsel berusaha untuk memadamkan api yang mengepung jalan tol tersebut.

Berdasarkan keterangan dari Kepala Bidang Penanganan Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Selatan Ansori, diketahui bahwa ruas tol di KM 13 dikepung oleh api dari sisi kanan dan kiri jalan.

“Hingga pukul 20.00, petugas darat masih melakukan pemadaman di lokasi. Kita bersama BPBD Ogan Ilir dan Manggala Agni terus berupaya memadamkan api,” kata Ansori pada Senin (05/08/2019).

Tak hanya di Jalan Tol Palindra, karhutla Sumsel juga terjadi di Kabupaten Ogan Ilir dengan 3 titik api dan 2 titik api di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI).

“4 unit helikopter kita terjunkan untuk upaya pemadaman di titik api tersebut. Masing-masing kabupaten diterjunkan 2 helikopter,” ujar Ansori.

Ansori mengatakan bahwa hingga kini, jumlah titik api di Sumatera Selatan mengalami peningkatan drastis. Terlebih, beberapa lahan rawa mulai mengering sehingga berpotensi menyebabkan kebakaran.

“Untuk lahan gambut di OKI dan Musi Banyuasin saat ini masih relatif aman, walau kondisi permukaan air pada lahan gambut sudah mulai menyusut drastis,” kata dia. (Elhas-harianindo.com)