Jakarta – , Subhan Cholid, selaku Kepala Kantor Daerah Kerja (Daker) Makkah Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi bertanggung jawab atas para WNI di Makkah. Asyrofi, seorang petugas haji yang mendampingi Mbah Moen, sejak di Rumah Sakit, hingga ke pemakaman.

Subhan menyatakan bahwa pemakaman Mbah Moen dipimpin oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dan Duta Besar RI untuk Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel. Doa dipimpin oleh Sayyid Ashim bin Abbas bin Alawi Al-Maliki, ulama terkemuka Makkah.

“Yang memimpin doa adalah putera dari Sayyid Abbas bin Alawi al-Maliki, yang mendapat gelar Bulbul Makkah, dan keponakan Sayyid Muhammad bin Alawi al-Maliki, yang punya banyak murid dari Indonesia,” ujar Subhan seperti diberitakan jaringan media Nahdlatul Ulama, Laduni.

“Prosesi pemakaman Mbah Moen ini, dari awal hingga akhir dipimpin oleh Menteri Agama, Bapak Lukman Hakim Syaifuddin dan Duta Besar RI untuk Arab Saudi, Agus Maftuh,” ujarnya.

Subhan menyatakan bahwa sejumlah ulama dan kiai sepuh Indonesia juga secara bergantian memimpin salat jenazah dan doa, secara bergantian. Di antaranya, Anwar Mansur, Bunyamin Ruhiyat, Aufal Marom, KH Ulin Nuha Arwani Kudus.

“Di saat yang sama Menag instruksi pada saya selaku Kadaker Makkah, untuk mempersiapkan Wisma Daker sebagai tempat persemayaman dan tempat jemaah bertakziah,” tuturnya. (NRY-www.harianindo.com)