Jakarta – Renanda Bachtar, selaku Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat menyatakan tak masalah ketua umumnya. Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY tak diundang menghadiri Kongres V PDIP di Denpasar, Bali.

Menurut Renanda PDIP sebagai tuan rumah berhak menentukan siapa saja yang masuk dalam daftar undangan.

“Kami sepenuhnya memandang soal siapa yang diundang dan yang tidak menjadi privilege pihak yang punya acara, dalam hal ini PDIP,” kata Renanda melalui pesan singkat, Kamis, 8 Agustus 2019.

Menurut Renanda pihaknya pun menghormati hal tersebut. Hal ini dia sampaikan sekaligus menanggapi bahwa Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Umum Partai Amanat Nasional Zulkifli Hasan diundang ke Kongres PDIP.

“Kami menghormati kebijaksanaan pihak PDIP untuk menentukan list undangan acara Kongres PDIP,” kata dia.

Hasto Kristiyanto , selaku Sekretaris Jenderal PDIP menyatakan bahwa para ketua umum partai Koalisi Indonesia Kerja, plus PAN dan Gerindra diundang ke Kongres V PDIP.

Demokrat yang lebih dulu disebut-sebut bakal merapat ke koalisi Jokowi malah terkesan berjarak dengan partai banteng. Hubungan Megawati dan SBY yang tak harmonis sejak pilpres 2004 juga dianggap menjadi kendala langkah Demokrat bergabung ke koalisi Jokowi. (NRY-harianindo.com)