New York – Salah satu pendiri raksasa e-commerce Alibaba, Joseph Tsai, dikabarkan mengakuisisi klub basket NBA Brooklyn Nets. Diketahui bahwa kali ini, ia membeli seluruh saham Brooklyn Nets sebesar USD 2,35 miliar atau diatas Rp 32 triliun.

Sebelumnya, Tsai sudah menguasai 49 persen saham dari Brooklyn Nets. Sementara 51 persen sisanya dimiliki oleh Mikhail Prokhorov. Kini Tsai sedang berada pada tahap akhir pembelian 51 persen saham dari triliuner Rusia itu. Dikabarkan bahwa proses pembelian akan rampung pada Jumat (16/08/2019) ini.

Tidak hanya klub Brooklyn Nets, Joseph Tsai juga membeli Barclays Center dari Mikhail Prokhorov. Barclays Center sendiri merupakan gedung olahraga indoor serbaguna yang juga digunakan sebagai markas Brooklyn Nets.

Berdasarkan berita dari Forbes, disebutkan bahwa pembelian Brooklyn Nets telah memecahkan rekor pembelian tim olahraga. Sebelumnya, rekor itu dipegang oleh Tilman Fertitta yang membeli klub Houston Rockets sebesar USD 2,2 miliar pada 2017.

Diketahui Joseph Tsai merupakan sahabat dari Jack Ma. Keduanya merupakan pendiri dan membesarkan Alibaba bersama-sama. Kini, alumnus Yale University itu menjabat sebagai Executive Vice Chairman di Alibaba. (Elhas-harianindo.com)