Kuala Lumpur – Demi keamanan, Zakir Naik dilarang ceramah di Malaysia. Perintah pelarangan terhadap Zakir telah beredar, dan kebenarannya telah dikonfirmasi oleh juru bicara Polisi Diraja Malaysia, Datuk Asmawati Ahmad.

“Ya. Perintah itu telah diterbitkan kepada semua kepolisian, dan ini telah dilakukan demi kepentingan keamanan nasional dan untuk menjaga harmoni rasial,” kata Asmawati kepada Malay Mail.

Larangan tersebut diumumkan saat Zakir Naik tengah memicu polemik usai melontarkan komentar kontroversial soal etnis minoritas di Malaysia. Ketujuh negara bagian yang melarang Zakir Naik itu terdiri atas Melaka, Johor, Selangor, Penang, Kedah, Perlis, dan Sarawak.

Adly Zahari, selaku Kepala Menteri Melaka mengatakan alasannya melarang Zakir Naik berceramah, yakni karena pemerintah negara bagian Melaka menghindari isu-isu yang bisa memicu ketegangan antar ras di masyarakat.

Kepolisian Malaysia sedang menyelidiki Zakir Naik mengenai komentar yang dianggap tidak menghormati etnis China dan minoritas Hindu di Malaysia. Dia diselidiki atas dugaan melanggar Pasal 504 UU Pidana Malaysia, yang mengatur soal tindak penghinaan secara sengaja dengan niat memprovokasi untuk merusak perdamaian. (NRY-harianindo.com)