Jakarta ā€“ Desain SIM baru akan hadir di bulan depan. Hal tersebut disampaikan oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia. Polri telah mengeluarkan desain baru Surat Izin Mengemudi (SIM) pada pekan lalu.

SIM yang akan diluncurkan juga berfungsi sebagai uang elektronik yang bisa digunakan untuk membayar berbagai transaksi non tunai. Desain SIM baru yang dinamakan Smart SIM ini terlihat lebih simpel. Pada bagian depan, di posisi atas, terdapat kombinasi merah-putih yang terlihat seperti bendera Indonesia.

Polri menyatakan jenis huruf dan angka itu tidak bisa ditiru.Terdapat dua foto pemegang SIM, berwarna dan berukuran besar di sebelah kiri dan yang kecil di pojok kanan bawah. Di atas foto kecil terdapat tinta transparan berlogo Korlantas.

Smart SIM terkoneksi dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, sehingga data kependudukan dengan pemegang SIM bisa disinkronkan. Hal seperti ini berguna buat kepolisian untuk identifikasi dan forensik.

Selain itu, smart SIM dapat digunakan sebagai uang elektronik dengan saldo maksimal Rp2 juta, sistem ini diklaim sudah disetujui oleh Bank Indonesia. Ada tiga bank yang diajak kerja sama untuk sistem ini, yaitu BNI, BRI, dan Mandiri.

Smart SIM akan terbit pada 22 September, tepat saat perayaan ulang tahun ke-64 Hari Lalu Lintas Nasional di Senayan, Jakarta. (NRY-harianindo.com)