Jakarta – Ilmuwan menyebut di Mars cukup mendukung adanya kehidupan. Berdasarkan sebuah laporan para ilmuwan, yang dipresentasikan dalam Goldschmidt Geochemistry Conference in Barcelona, kondisi di Mars pada dasarnya cukup mendukung adanya kehidupan di sana.

Kehidupan di Mars diprediksi terjadi pada Mars kuno atau di masa lalu. Karena, Planet Merah tersebut iklim tropis yang ideal untuk mendukung kehidupan pada kisaran empat miliar tahun silam.

Permukaan Mars pada saat itu diperkirakani memiliki air. Kondisinya pun cukup hangat dan lembab untuk memunculkan hujan badai dan banjir. Oleh karena itu kondisi ini menyediakan kondisi tepat untuk mendukung adanya kehidupan.

“Kami tahu pernah ada sebuah periode di mana permukaan Mars beku, kami tahu ada periode ketika air mengalir dengan leluasa. Tetapi kami tidak tahu persis kapan periode itu berlangsung dan berapa lama,” kata Briony Horgan, profesor dari Purdue University.

“Kami tidak pernah mengirimkan misi tak berawak ke area-area di Mars yang dapat memperlihatkan bebatuan masa lalu di sana, sehingga kami mesti menggunakan sains di Bumi untuk memahami geokimia yang mungkin pernah terjadi di sana.”

“Studi mengenai cuaca yang kami lakukan di wilayah-wilayah dengan iklim yang bedanya kontras seperti di Oregon Cascades, Hawaii, Islandia, dan tempat-tempat lain di Bumi, dapat mencerminkan seperti apa iklim mempengaruhi pola endapan mineral seperti yang kita lihat di Mars,” tuturnya. (NRY-harianindo.com)