Jayapura – Aksi demonstrasi yang dimulai sejak Kamis (29/08/2019) pagi ini membuat aktivitas di Kota Jayapura menjadi lumpuh. Di Distrik Abepura, misalnya, nampak sejumlah pertokoan dan perkantoran memilih untuk tutup.

Sejumlah pusat perbelanjaan seperti Saga Mall dan Mega Abepura terlihat tutup. Selain itu, sejumlah tempat usaha seperti kafe dan hotel memilih untuk tidak buka karena terdampak demonstrasi di Jayapura.

Kemudian, beberapa kantor seperti Kantor Distrik Abepura, BPS Kota Jayapura, hingga Kanwil Kantor Pos Maluku dan Papua tidak beroperasi. Bahkan, sejumlah massa membakar Kantor Majelis Rakyat Papua (MRP) di Kotaraja, Jayapura.

Baca Juga: Situasi Kota Jayapura Mencekam Buntut Aksi Unjuk Rasa Hari Ini

Suasana mencekam semakin terasa di Jayapura. Sekitar 1000 massa aksi turun ke kawasan Lampu Merah Abepura. Mereka juga melakukan aksi bakar ban di depan Kantor Samsat Papua.

Kondisi tersebut membuat sejumlah penghuni hotel tidak tenang. Seorang pengunjung Grand Abe Hotel tidak bisa keluar dari hotel dan terpaksa menunggu sampai situasi di sekitar kembali kondusif.

“Kaca Grand Abe Hotel dilempar massa,” ujar Yulika, seorang pengunjung hotel yang terjebak.

Hal serupa juga dirasakan oleh Hotel Horison Kotaraja. Hotel yang baru diresmikan pada Juli lalu juga turut menjadi sasaran amuk massa. Mereka melempari hotel dengan batu hingga kaca di hotel tersebut pecah dan berserakan. (Elhas-harianindo.com)