Beijing – Tak ingin kalah saing dengan rivalnya, Honda bakal merilis sepeda motor jenis CBF190TR untuk pasar Tiongkok. Sepeda motor tersebut memang dimaksudkan untuk mengungguli Yamaha yang sudah terlebih dahulu mengeluarkan jenis XSR 155 di Thailand.

Meski sama-sama bermodel klasik, namun Honda CBF190TR memiliki kapasitas mesin 190cc. Lebih besar daripada keluaran Yamaha yang dibekali mesin 155cc. Adapun mesin yang digunakan oleh Honda CBF190TR berasal dari generasi pendahulunya, yaitu model CB190F.

Rencananya, Honda CBF190TR akan dirakit oleh Sundiro Honda, supplier-nya di Tiongkok. Honda mengklaim bahwa mesin dari CBF190TR telah berstandar emisi minimal Euro 4. Selain itu, mesin dari sepeda motor Honda tersebut sudah dilengkapi dengan sistem injeksi bahan bakar, catalytic converter, dan rem ABS. Mesin lawas SOHC masih digunakan di model CBF190TR. Mesin tersebut memiliki pendingin udara berkapasitas 184cc dan mampu menghasilkan tenaga 16 hp.

Sementara dari segi tampilan, Honda CBF190TR mengadopsi gaya neo-retro yang serupa dengan model-model pendahulunya seperti CB1000R, CB650R, dan CB125R yang memiliki model scrambler. Dengan kata lain, Honda CBF190TR bakal tampil sejajar dengan sepeda motor scrambler lainnya seperti Scrambler Ducati atau Triumph Street Scrambler. (Elhas-harianindo.com)