Jakarta – Perhelatan kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia di Grup G menjadwalkan Indonesia menjamu rival abadinya, Malaysia, di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta. Laga tersebut akan mulai bergulir pada Kamis (05/09/2019) esok pukul 19.30 WIB.

Jika merunut pada rekor enam pertandingan head-to-head terakhir antara Indonesia dengan Malaysia, bisa dikatakan Indonesia lebih unggul. Tim Garuda berhasil menang dalam empat pertandingan. Sementara Harimau Malaysia hanya mampu unggul di dua laga.

Lebih lanjut, catatan tersebut sebenarnya merupakan modal yang bagus bagi tuan rumah. Pasalnya, empat kemenangan tersebut didapat ketika Indonesia bermain di kandang sendiri.

Menilik kondisi skuat Indonesia, mereka memiliki sejumlah pemain yang berpengalaman di kancah persepakbolaan Malaysia. Andik Vermansyah pernah bermain untuk Selangor FA dan Kedah FA. Saddil Ramdani hingga kini merupakan punggawa utama Pahang FA.

Pelatih Indonesia, Simon McMenemy, memandang bahwa pengalaman dua pemain tersebut akan sangat berharga dalam laga esok. Terlebih bagi Saddil, kans baginya untuk turun ke lapangan akan semakin besar.

“Sangat penting ya pengalaman yang dibawa oleh Saddil dan Andik. Seperti kita ketahui juga Saddil lebih tepatnya dia sudah main di empat timnas (kelompok umur) berbeda tahun lalu, dan pengalaman yang bisa dibawa ke tim sangat penting,” ujar Simon. 

“Kita tahu Saddil itu sangat muda, dan kemarin ketika Greg cedera kita akhirnya punya kesempatan untuk memanggil Saddil ke sini,” sambungnya.

Meski demikian, harus tetap diakui bahwa Malaysia merupakan lawan yang menantang. Dalam laga tandangnya ke negeri tetangga, Malaysia berencana untuk bermain agresif menyerang. Meski mereka sempat mengalami kekalahan tatkala menghadapi Yordania dengan hasil akhir 0-1, namun hal tersebut justru menjadi bahan evaluasi Timnas Malaysia. Sehingga, Harimau Malaysia akan siap melakoni laga tandang.

Untuk komposisi skuad, Malaysia nampaknya akan mengandalkan Safawi Rasid. Striker tersebut memang dikenal sebagai andalan tim Johor Darul Takzim (JDT). Berkat Rasid, JDT berhasil meraih tiga gelar Liga Malaysia, satu Piala Malaysia, dan dua Piala Sumbangsih Malaysia. Dalam Liga Malaysia musim ini, JDT berada di peringkat pertama klasemen sementara. (Elhas-harianindo.com)