Surabaya – Sejumlah warga Surabaya harus bersiap-siap lantaran pasokan air mereka akan disetop sementara. Pasalnya, PDAM Surya Sembada berencana akan memasang pipa di kawasan Balai Pemuda. Diketahui bahwa kini di area tersebut sedang berlangsung pembangunan basement alun-alun.

PDAM Surya Sembada memaparkan bahwa kawasan yang terdampak Jalan Raya Darmo, Yos Sudarso, Nias, Ambengan, Undaan, Pegirian, Wonosari, Wonokusumo, dan Ujung. Jika dihitung, terdapat sekitar 60 ribu pelanggan yang terdampak.

Berdasarkan keterangan dari Manajer Senior Perbaikan PDAM Surya Sembada Surabaya Nanang Widiatmoko, pihaknya akan memulai pemasangan pipa pada Jumat (06/09/2019) besok pada pukul 15.00 WIB. Proyek tersebut dilakukan demi mengamankan saluran air ketika kawasan Yos Sudarso sedang dibangun basement alun-alun.

”Untuk wilayah yang dekat dengan pemasangan pipa, air mati pada tanggal 6-7,” ujar Nanang.

Bagi para pelanggan yang bermukim di wilayah yang jauh dari tempat pemasangan pipa, mereka akan mengalami gangguan aliran air hingga Minggu (08/09/2019). Hal tersebut dikarenakan adanya proses normalisasi jaringan pasca-pemasangan.

Karena proyek tersebut akan berdampak pada 10 persen pelanggan PDAM, maka Nanng mengimbau bahwa para pelanggan untuk melakukan sejumlah langkah untuk mengantisipasi gangguan pasokan air. Salah satunya adalah menampung air.

PDAM pun juga akan menyediakan sejumlah layanan gratis seperti tandon air. Nantinya layanan tersebut bisa dinikmati para pelanggan. Demi efektivitas layanan, pelanggan rumah harus mengajukan permintaan secara kolektif.

“Kami akan kirimkan lewat truk berkapasitas 5 ribu liter air,” kata Nanang. (Elhas-harianindo.com)