Jakarta – DPRD DKI Jakarta menyoroti Gubernur Anies Baswedan perihal pembangunan ibu kota. DPRD menganggap bahwa Anies tidak memiliki visi untuk membangun ibu kota terlihat dari upaya Anies saat ia membiarkan PKL berjualan di trotoar.

Jhonny Siman, selaku Anggota DPRD DKI Jakarta Jhonny Simanjuntak berharap agar, Pemprov tetap melindungi PKL. Akan tetapi bukan berarti melindungi PKL berjualan di atas trotoar.

“PKL itu dilindungi pemerintah, tetapi kita juga punya Perda Ketertiban Umum jangan dilanggar. Kalau gubernur tidak memberikan contoh dalam rangka penegakan aturan gimana?” katanya.

Menurut Jhonny, Pemprov DKI Jakarta segera menyediakan lokasi khusus bagi PKL berjualan. Harapannya upaya relokasi PKL tidak menyebabkan hak pengguna jalan diambil.

“Siapkan tempat pedagang kaki lima di trotoar sama aja menyiapkan kemacetan baru. Harusnya disiapkan tempat relokasi yang banyak. Jangan sampai melindungi kaki lima, tapi jangan diokupasi trotoarnya,” ujarnya.

Di sisi lain, Politikus PDIP menyampaikan beberapa upaya relokasi PKL sebenarnya sudah sempat dilakukan Pemprov DKI, seperti Blok G Tanah Abang.

“Ini Anies enggak ada kegiatan. Pemimpin yang tidak punya visi. Enggak jelas perencanaannya. Dia mau menunjukkan permasalahan disparitas miskin dan kaya, itu bukan membantu jangan begitu. Bangun lagi pasar di tempat tertentu biar bisa digunakan,” tutupnya. (NRY-harianindo.com)