Boyolali РSetelah sebelumnya sempat digadang-gadang, kini pabrik Esemka telah resmi berdiri. Presiden Joko Widodo meresmikan pabrik yang berlokasi di Desa Demangan, Kecamatan Kosambi, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah pada Jumat (06/09/2019). Hadir pula Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menemani Presiden Jokowi.

PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK) nantinya akan menjadi perusahaan pemegang merek Esemka dan sekaligus sebagai pengelola pabrik tersebut. Dengan luas 12.500 ribu meter persegi, pabrik Esemka nantinya menjadi tempat perakitan, pengecatan, sampai uji coba kendaraan.

Disebutkan bahwa untuk membangun pabrik Esemka, dana investasi yang ditanam mencapai Rp 600 miliar. Diperkirakan bahwa pabrik mobil nasional tersebut memiliki kapasitas produksi mencapai 18 ribu unit per tahun.

Presiden Jokowi dalam pidato peresmian mengatakan bahwa dengan dibangunnya pabrik Esemka, maka perekonomian Indonesia akan mendapat dorongan positif. Khususnya di Boyolali, pabrik ini nantinya akan menggenjot perekonomian sekitar.

“Sebab itu kita semuanya harus mendukung,” ujar Jokowi.

Dalam keterangannya, Presiden Direktur SMK Eddy Wirajaya berharap nantinya Esemka menjadi pionir dalam industri otomotif nasional. Ke depannya, Esemka akan melakukan seleksi terhadap para siswa dan siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) untuk mendapatkan sumber daya manusia yang mampu menunjang Esemka.

“Saya bersama seluruh karyawan Solo Manufaktur Kreasi merasa sangat berbahagia dan berterima kasih atas semua dukungan dan partisipasi dari berbagai pihak sehingga pada akhirnya kami berhasil membangun pabrik dan seluruh fasilitas Esemka,” kata Eddy.

Tak hanya mendirikan pabrik, Esemka juga telah memaparkan bahwa mereka akan memproduksi pikap bernama Bima sebagai model pertama. Pabrikan anyar tersebut akan menyediakan dua jenis mobil Bima, yaitu kapaistas 1.200 cc dan 1.300 cc. Nantinya, Bima akan bersaing di pasaran bersama mobil pabrikan Jepang di kelasnya seperti Suzuki Carry dan Daihatsu Gran Max. (Elhas-harianindo.com)