Surabaya – Beredar kabar yang menyebutkan bahwa para pemilik SIM yang sudah melewati masa berlaku alias SIM mati bisa mengurus pemutihan SIM atau membuat SIM baru tanpa harus tes. Berdasarkan kabar yang sempat viral di media sosial tersebut, kebijakan pemutihan SIM sudah berlaku sejak 25 Agustus 2019.

Mengetahui kabar tersebut, Wadirlantas Polda Jatim AKBP Muhammad Aldian melakukan klarifikasi. Berdasarkan keterangannya, kabar tersebut adalah lancung atau hoaks.

“Beredar kabar mulai 25 Agustus 2019, SIM mati bisa diperbarui tanpa mengulang tes lagi di seluruh Polda se-Indonesia. Itu adalah hoaks. Kalau SIM mati ya tetap diurus sesuai prosedur,” kata AKBP Muhammad Aldian pada Jumat (06/09/2019).

Baca Juga: Lebih Canggih, Smart SIM Bakal Dirilis 22 September

Lebih lanjut, Aldian mengatakan bahwa informasi yang tepat adalah pihak Korps Lalu Lintas Kepolisian RI (Korlantas) akan meluncurkan tipe kartu SIM baru. Dari SIM baru tersebut, fitur yang akan disematkan adalah chip yang berguna untuk transaksi uang elektronik.

Seperti yang telah dikabarkan sebelumnya, pihak kepolisian akan merilis Smart SIM pada 22 September 2019. Berbeda dengan SIM sebelumnya, Smart SIM bisa digunakan sebagai sarana pembayaran elektronik. Selain itu, data dari Smart SIM juga terhubung langsung ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil). (Elhas-harianindo.com)