Boyolali – Presiden Joko Widodo mengunjungi Boyolali, Jawa Tengah dalam rangka menghadiri peresmian pabrik Esemka. Terkait hal ini, Presiden Jokowi mengapresiasi usaha Esemka yang memang acap kali ditunggu-tunggu kabar mengenai mobil terbitannya.

Meskipun kandungan lokal dalam mobil produksi Esemka masih belum 100 persen, namun hal tersebut tak mengurangi pujian dari Jokowi. Menurutnya, capaian Esemka kali ini merupakan langkah awal yang bagus.

“Artinya local content-nya sudah baik. Meskipun saya tahu pasti belum sampai angka 80 apalagi 100%. Tapi sebagai sebuah usaha pertama dalam memulai industri otomotif dengan brand dan prinsipal Indonesia, ini kita harus acungi jempol keberanian PT Solo Manufaktur Kreasi ini,” ujar Jokowi pada Jumat (06/09/2019).

Baca Juga: Sentilan Rocky Gerung Usai Jokowi Resmikan Pabrik Mobil Esemka

Dalam kunjungannya tersebut, Jokowi juga sempat memantau kegiatan produksi di dalam pabrik milik PT Solo Manufaktur Kreasi tersebut. Nampak pekerja-pekerja pabrik yang sedang melakukan perakitan komponen mobil.

Tak hanya itu, di pabrik Esemka juga sudah terlihat beberapa unit mobil pikap yang telah dirakit. Rencananya, mobil pikap yang dinamai Bima tersebut akan dijual ke pasaran dengan harga Rp 95 juta. (Elhas-harianindo.com)