Jakarta – Harga daging ayam yang menurun sejak tahun 2016 membuat Kementerian Pertanian (Kementan) mengambl tindakan dengan cara meminta industri pembibitan unggas Indonesia memusnahkan atau membagikan secara gratis 10 juta butir telur ayam.

Sepanjang 2019 harga daging ayam dalam posisi terendah. Menurunnya harga daging ayam yang murah dapat merugikan pengusaha unggas.

“Harga daging ayam di ritel turun 25 persen menjadi Rp 30.050 atau setara USD 2 per kg sepanjang 2019. Di mana harga itu terendah sejak Juli 2016,” tulis SCMP mengutip laporan Bank Indonesia.

Ketut Diarmita, selaku Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementan,menyoroti sapi-sapi indukan impor di Instalasi Karantina Hewan Sementara (IKHS) Juang Jaya, Lampung.

Menurut Ketut Diarmita, pemusnahan atau pembagian 10 juta butir telur ayam berusia maksimal 19 hari sebagai cara paling efektif menaikkan gairah di industri unggas.

Program pemusnahan atau pembagian 10 juta telur ayam akan berlangsung hingga 20 September 2019. Telah tecatat 20 perusahaan pembibitan unggas seperti PT Japfa Comfeed Indonesia dan PT Malindo Feedmill akan terlibat.

“Program ini akan berdampak pada pasokan dan permintaan daging ayam di Oktober, serta akan membantu industri untuk memangkas kerugian,” kata Achmad Dawami. (NRY-www.harianindo.com)