Boyolali – Presiden Direktur PT Solo Manufaktur Kreasi atau Esemka Eddy Wirajaya hanya tersenyum dan enggan untuk menjawab ketika dimintai konfirmasi terkait satu dari tiga mobil Esemka jenis SUV (Sport Utility Vehicle) yang dikabarkan anti-peluru dan memiliki tingkat keamanan tinggi.

Satu unit mobil berjenis SUV bercat hitam berlogo Moose di bagian depan dan bertuliskan Armored by Esemka di bagian belakangnya itu turut dipamerkan dalam saat acara peresmian pabrik perakitan PT Esemka di Boyolali oleh Presiden Joko Widodo pada Jumat, 6 September 2019.

Tanpa mengeluarkan pernyataan apapupn, Eddy hanya memberikan simbol dirinya enggan untuk buka suara dengan cara menempelkan satu jari ke bibirnya ketika ditanya apakah benar SUV berlapis baja itu diproduksi secara khusus untuk mobil dinas milik presiden.

Ditemui wartawan pasca acara peresmian pabrik perakitan PT Esemka dan peluncuran mobil Esemka Bima 1,2L dan 1,3L, salah satu inisiator mobil Esemka Dwi Budhi Martono mengungkapkan bahwa mobil SUV berlogo Moose tersebut memang berlapis baja dan anti-peluru.

“Meskipun peluru bisa menembus bodi luarnya, tapi akan tertahan di baliknya, tidak sampai menembus ke dalam, Jadi seperti menembak karung,” ungkap Budhi.

Dari pantauan di lapangan, pada beberapa bagian mobil itu bertuliskan merek Volvo. Salah satunya pada bagian kaca lampu seinnya. Budhi membenarkan bahwa memang ada beberapa bagian yang dipesan dari Volvo. “Dan Volvo mencantumkan mereknya sebagai bentuk pertanggungjawaban atau jaminan terhadap kualitas produknya,” kata Budhi.

Sama seperti Eddy, Budhi juga enggan untuk buka suara terkait apakah mobil SUV berlapis baja buatan Esemka dibuat khusus untuk Presiden Jokowi. Terkait dengan berapa kisaran harganya, Budhi hanya mengungkapkan, “Yang jelas harganya M (miliar), tapi berapa tepatnya saya tidak tahu,” pungkas Budhi. (Hr-harianindo.com)