Istanbul ā€“ Bekas bangunan pabrik bir Bomonti rencananya akan dibongkar dan akan dibangun masjid di lokasi tersebut. Kebijakan tersebut baru datang dari Turki.

Kepresidenan Urusan Agama Turki atau Diyanet telah mengagendakan proyek besar. Proyek tersebut merupakan proyek pembangunan masjid. Selain itu di pabrik bir Bomonti itu juga akan dibangun lahan parkir luas, asrama dan ruang pameran.

Di sisi lain, sejumlah arsitek kecewa karena keputusan pembongkaran pabrik bir Bomonti. Mereka menilai bangunan itu memiliki nilai sejarah tinggi.

“Strukturnya sangat penting. Ini akan membawa Anda ke masa lalu. Ini lebih dari sekadar warisan arsitektur. Pabrik bir Bomonti sangat istimewa,” kata seorang anggota Kamar Arsitek Istanbul.

Sebelum adanya rencana pembangunan masjid, sebelumnya 10 tahun lalu sebagian bangunan pabrik juga dihancurkan untuk membangun hotel.

Dihancurkannya bangunan bersejarah sempat memantik protes dari penduduk setempat. Rencananya di sana dibangun pusat perbelanjaan dan replika Ottoman di taman Gezi seperti yang ada di pusat kota, namun ditolak oleh warga pada 2013. (NRY-harianindo.com)