Jakarta – Kehadiran mobil Esemka memancinga banyak argumen darii berbagai pihak, Ngabalin berpendapat bahwa akan selalu ada yang nyinyir terhadap kehadiran mobil Esemka. Salah satu phak yang meragukan mobil Esemka adalah Gerindra.

Andre Rosiade, selaku Politikus Gerindra mempertanyakan mobil Esemka ini. Menurutnya, mobil ini sangat mirip dengan mobil produk pabrikan China.

“Mohon maaf, Pak Jokowi. Saya mau tanya, kok mobil Esemka yang pabriknya diresmikan kemarin mirip dengan mobil produk China alias Tiongkok?” kata Andre.

“Apakah ini produksi dalam negeri atau merakit mobil dari Tiongkok tapi dikasih merek Esemka? Mohon pencerahannya, Pak Jokowi. Kok beda ya antara yang diuji dan dipakai Pak Jokowi waktu jadi Wali Kota dengan yang diproduksi,” sambung Andre.

Andre berkeinginan rilisnya mobil Esemka tidak hanya untuk menjawab kritik publik.

“Bukan mobil rakitan dari Tiongkok lalu dikasih merek Esemka,” ujarnya bernada sindiran.

Guna mengungkapkan pendapatnya, partai Gerindra melalui akun Twitter resminya @Gerindra memposting sejumlah hal soal mobil Esemka.

“Menyambut gembira beroperasinya pabrik mobil Esemka milik PT Solo Manufaktur Kreasi di Boyolali, hari ini, beserta fasilitasnya. Kendati bukan mobil nasional, sebagai produk dalam negeri, tentu kehadiran Esemka memberikan efek berantai bagi industri pemasok lokal lainnya,” cuit Jokowi saat itu lewat akun Twitter @jokowi. (NRY-harianindo.com)