Jeddah – Selama ini, Arab Saudi dikenal sebagai negara yang homogen dan konservatif. Namun akhir-akhir ini, negara tersebut berusaha untuk menciptakan citra bahwa mereka telah terbuka dan memberi kebebasan pada para warganya. Salah satunya yang dilakukan adalah mengadakan sejumlah konser musik sebagai hiburan rakyat.

Salah satu contohnya adalah perhelatan festival musik Jeddah World Fest pada tanggal 18 Juli 2019 lalu. Bertempat di King Abdullah Sports City Stadium, festival tersebut mengundang sejumlah bintang musik internasional.

Perhelatan tersebut diapresiasi oleh Ali Shihabi. Pendiri lembaga penelitian Arabia Foundation tersebut berkomentar bahwa acara tersebut merupakan cara yang bagus dalam menangkal paham-paham bersifat ekstrem dan radikal yang selama ini identik dengan Arab Saudi.

“Anak-anak muda hanya ingin bersenang-senang! Di konser Jeddah minggu lalu. Penangkal terbaik terhadap ekstremisme yang digunakan pemerintah,” cuit Ali Shihabi melalui akun Twitternya pada Senin (22/07/2019) silam.

Selama ini, ujar Ali Shihabi, para pemudi-pemuda Arab Saudi mengalami kesenjangan terkait hiburan dalam kehidupan mereka. Dengan diselenggarakannya Jeddah World Festival, maka anak-anak muda Arab Saudi telah mendapatkan kebebasan dalam menikmati hiburan. Mereka tak lagi terkekang oleh aturan lawas yang melarang mereka untuk bersenang-senang.

Tak hanya untuk bergembira, sektor hiburan di Arab Saudi juga memiliki sejumlah manfaat yang berdampak positif di bidang sosial, budaya, dan ekonomi. Ali Shihabi juga mengatakan bahwa festival tersebut dinikmati oleh para mudi-muda biasa Arab Saudi.

Dan bagi mereka yang mengklaim bahwa konser ini hanya untuk kalangan ‘elite’, mereka harus mencatat bahwa acara ini berlangsung pada pertengahan Juli, ketika banyak kalangan ‘elite’ sedang berlibur ke luar negeri. Ada 25 ribu pemuda dan pemudi muda biasa di Jeddah yang bersenang-senang,” ungkap Ali Shihabi.

Diketahui bahwa Jeddah World Festival merupakan acara puncak dari serangkaian acara musik di Jeddah selama 41 hari. Pada penghujung acara, bintang-bintang seperti Janet Jackson, 50 Cent, hingga Liam Payne hadir menghibur para anak-anak muda Arab Saudi. (Elhas-harianindo.com)