Jakarta – Retno Marsudi, selaku Menteri Luar Negeri menyampaikan terkait rencana pencalonan Indonesia sebagai anggota Dewan Hak Asasi Manusia Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Retno menyampaikan hal tersebut kepada Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Retno mengatakan bahwa Indonesia akan berhadapan dengan Irak, Korea Selatan, Jepang, dan Marshall Island untuk memperebutkan empat kursi Dewan HAM PBB bagi negara kawasan Asia Pasifik.

“Indonesia saat ini sedang mencalonkan diri untuk menjadi dewan HAM PBB periode 2020-2022. Pendekatan kepada negara anggota PBB telah kami lakukan sejak 2016 lalu. Kami juga terus melakukan lobi yang lebih intensif sejak tahun lalu,” kata Retno.

Retno menyampaikan bahwa perwakilan tetap RI di Jenewa telah menghadiri debat terbuka di New York. Retnomengatakan bahwa Indonesia menyampaikan komitmen dan visi misi Indonesia jika terpilih sebagai Dewan HAM PBB dengan mengusung tema ‘A True Partner for Democracy, Development and Social Justice’.

Retno menyampaikan bahwa Indonesia membutuhkan setidaknya 97 suara untuk bisa memenangkan satu kursi Dewan HAM PBB dari perwakilan negara Asia Pasifik. Retno menyampaikan bahwa pemungutan suara akan dilaksanakan pada 16 Oktober mendatang di markas PBB di New York. (NRY-harianindo.com)