Jakarta – Dalam pernyataannya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan, mengungkapkan pandangan optimisnya terkait perekonomian Indonesia. Menurutnya, Indonesia bisa masuk posisi 5 besar dunia dalam perekonomian dunia pada tahun 2045.

“Jadi kita nggak perlu ragu bahwa Indonesia akan menjadi negara besar tahun 2045, jangan pernah ragu bahwa Indonesia negara besar. Orang-orang pesimis itu adalah orang-orang yang loser,” ujar Luhut di Djakarta Theatre, Kamis (12/09/2019).

Harapannya tersebut ia dasarkan pada performa Indonesia ketika ekonomi dunia kiwari sedang mengalami pelemahan. Jika melihat dari kurs rupiah terhadap dolar Amerika Serikat, tingkat pertumbuhan ekonomi, ekspor, dan faktor lainnya, posisi Indonesia di mata Luhut masih lebih baik daripada sejumlah negara lain.

“Kita lihat performa ini dengan data yang ada. Jadi kita tidak perlu pesimis yang berlebihan, kalau ada orang doktor ekonomi bilang Indonesia ekonominya jelek, mungkin doktornya tidak jelas itu,” kata Luhut.

Untuk menggenjot performa ekonomi Indonesia, Luhut mengatakan bahwa sektor ekspor harus benar-benar ditingkatkan. Terutama soal nilai tambah komoditas ekspor. Hilirisasi dipandang sebagai aspek yang perlu ditingkatkan demi memperluas komoditas ekspor agar tak melulu mengandalkan barang mentah.

“Sekarang kita bergantung pada harga komoditas dan berpuluh-puluh tahun tidak kita lihat bahwa ada added value. Nah sekarang ini pemerintah selama 4-5 tahun terakhir ini selalu melihat added value untuk dikembangkan di Indonesia,” ungkapnya. (Elhas-harianindo.com)