Jakarta – Indonesia saat ini tengah berada pada masa berkabung lantara Presiden ketiga, BJ Habibie meninggal dunia di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto Jakarta pada Rabu, 11 September 2019 pukul 18.05. BJ Habibie menghembuskanj nafas terkahir pada usia 83 tahun.

BJ Habibie sangan dikenal sebagai sosok yang sangat cerdas. Bahkan, ia kerap dijuluki sebagai bapak teknologi Indonesia lantaran jasanya yang amat besar untuk Tanah Air. BJ Habibie pernah mengungkapkan bahwa dirinya hanya tidur selama empat jam.

“Saya dari lahir, hanya membutuhkan tidur empat jam. Selebihnya yang 20 jam, pancaindera saya menyerap lingkungan sekitar dan bertanya-tanya,” katanya dalam peluncuran biografi-nya Rudy, Kisah Masa Muda Sang Visioner di Perpustakaan Habibie Ainun di kediamannya, Jalan Patra Kuningan XIII, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.

Rasa penasarann pada BJ Habibie pun dijawab melalui setiap buku yang dibacanya. Sebab ia menyatakan bahwa setiap hari, dirinya memang akan meluangkan waktu sebanyak 7,5 jam untuk membaca. Namun jika dirinya tidak berhasil menemukan jalan keluar maka akan menangis. “Kalau tidak bisa mendapatkan jawaban yang memuaskan dan sesuai, saya menangis,” katanya.

Habibie juga mengatakan bahwa rahasia kepintarannya didapat lantaran kedekatannya dengan sang pencipta. Sejak kecil, ayahnya, Alwi Abdul Jalil Habibie selalu mengajarkannya untuk membaca satu hingga dua juz Alquran. Berdoa lima waktu juga wajib dilakukannya. “Percuma memiliki pengetahuan yang tinggi bila tidak digantungkan kepada Allah dengan berdoa dan membaca Quran,” katanya. (Hr-harianindo.com)