Jakarta – Fadel Muhammad siap duduki kursi pimpinan MPR. Fadel menyatakan siap apabila diminta untuk maju sebagai calon pimpinan MPR RI periode 2019-2024. Menurut Fadel, dirinya akan berkomitmen memperjuangkan penguatan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI.

Fadel beranggapan bahwa DPR dan DPD sebagai unsur dari MPR perlu mengambil langkah untuk menjaga kesatuan dan persatuan dalam bingkai NKRI.

“Misalnya memberikan porsi peran serta DPD dalam transfer dana ke daerah,” kata Fadel di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (16/09/2019).

Fadel menyatakan bahwa DPD memiliki peran penghubung antara pemerintah pusat dan daerah. Karena itu Fadel menilai bahwa para senator wajib mempelajari undang-undang yang berhubungan dengan daerah, seperti Perda.

“Saat ini tidak ada sama sekali, DPD sudah seperti lumpuh, perlu penguatan. Apakah melalui perubahan UU dan kalau tidak bisa melalui perubahan UU maka dilakukan amandemen,” ucap dia.

Di sisi lain, Didin, selaku pengamat politik dari Universitas Padjajaran beranggapan bahwa pimpinan MPR di periode kedepan mesti berasal dari tokoh nasional. Karena dengan ketokohannya itu mampu meningkatkan marwah MPR.

“DPD perlu wakil di MPR yang memiliki kalibre nasional,” ujarnya. (NRY-www.harianindo.com)