Jakarta – Wiranto, selaku Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), menyatakan bahwa seharusnya pemerintah daerah bisa mandiri dalam menangani kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi setiap tahun.

Wiranto menyatakan hal tersebut dalam konferensi pers usai rapat terbatas dengan topik penanganan karhutla di Pekanbaru, Riau, Senin (16/9) dalam keterangannya kepada Republika.co.id.

Wiranto menegaskan bahwa pemerintah pusat berlaku sebagai koordinator, oleh karena itu pemerintah daerah diharapkan untuk bisa mandiri dalam menghadapi permasalahan yang sama setiap tahunnya.

“Ini tanggung jawab daerah. Jangan terus bergantung pada pusat. Harus betul-betul tahu masalah ini dan tahu harus berbuat apa,” kata Wiranto menegaskan.

“Kalau semuanya dilakukan dengan rapi, maka titik api dapat diketahui sejak dini dan dipadamkan segera,” tambah Wiranto.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan bahwa fenomena El Nino dapat menyebabkan musim kemarau di Indonesia pada tahun ini diperkirakan lebih panjang lagi. Sedangkan musim hujan menurut perkiraan BMKG akan jatuh pada bulan November dan Desember. (NRY-harianindo.com)