Jakarta – Bendera Serikat Petani Indonesia (SPI) dan Himpunan Mahasiswa Asli Sukabumi berkibar di depan gedung DPR. Para pendemo membawa bendera tersebut untuk melayangkan aksinya.

Tepat pukul 08.20 WIB massa sudah berada di depan Gedung DPR, Jalan Gatot Subroto, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (24/9/2019). Massa mahasiswa tiba menggunakan dua bus dari Sukabumi.

“Ini dari campuran mahasiswa asal Sukabumi. Berangkat dari Sukabumi pukul 04.00 WIB,” ujar salah seorang mahasiswa, Irfan.

“DPR tidak paham bagaimana petani saat ini. Sudah sepantasnya tani dan anak muda Indonesia menolak Undang-Undang Pertanahan. Sudah sepantasnya tidak takut digusur,” ujar orator di atas mobil komando.

Di sisi lain, kendaraan taktis Korps Brimob disiapkan, kemudian barrier beton dan kawat berduri telah dipasang di depan pagar Gedung DPR.

Penyebab aksi tersebut lantaran terdapat RUU yang dianggap bermasalah itu antara RUU Pertanahan, RUU Sistem Budidaya Pertanian Berkelanjutan (SBPB), RUU Perkoperasian dan RUU Karantina. (NRY-harianindo.com)