Jakarta – Setelah kontroversi mengenai mobil pikap Bima meramaikan publik Tanah Air, kini Esemka kembali mencuri perhatian dengan pengumuman terbaru mereka. Pabrikan otomotif Indonesia tersebut berencana akan meluncurkan mobil baru.

Melalui akun Instagram resmi mereka, Esemka mengumumkan bahwa mereka akan merilis mobil jenis sport utility vehicle (SUV). Berdasarkan penuturan Esemka di kolom caption, diketahui bahwa mobil SUV tersebut bernama Garuda 1.

“Esemka Garuda 1. Next Launching ? (Tunggu info lebih lanjut sobat oto!),” bunyi caption unggahan tersebut.

Meski belum ada tanggapan dari Presiden Direktur PT Solo Manufaktur Kreasi Eddy Wijaya terkait unggahan tersebut, namun Eddy pada September lalu sempat mengungkap informasi terkait Esemka Garuda. Pada saat itu, ia mengatakan bahwa Esemka Garuda belum diproduksi massal.

“Garuda ini secara produk sama dengan SUV yang sudah ada di pasaran saat ini, kami belum akan memproduksi massal karena banyak yang harus dilakukan lebih dulu,” kata Eddy.

Menurut Eddy, ada banyak faktor yang dipertimbangkan oleh Esemka sebelum meluncurkan mobil SUV tersebut. Salah satunya adalah kondisi pasar dan orientasi bisnis.

“Intinya kami sudah punya prototipenya, tinggal masalah waktu saja. Adanya prototipe ini kita juga bisa mencari pemasok-pemasok lokal untuk mendukung produksinya, misalnya komponen lokal ini dari A yang lain dari B, sehingga kami juga bisa berkalkulasi dengan kandungan lokalnya. Nah ini nanti akan kita kejar lebih dulu sebelum bicara soal peluncuran produknya,” ungkap Eddy. (Elhas-harianindo.com)