Jakarta – Luhut Binsar Panjaitan, selaku Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman tak ingin berspekulasi terkait peluangnya kembali menjadi menteri di kabinet mendatang. Luhut menilai hal tersebut menjadi urusan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Di sisi lain, Luhut mengklaim siap membantu jika tugas yang diberikan kelak sesuai dengan apa yang bisa ia kerjakan.

“Itu urusan Presiden, mana saya tahu. Namun, kalau saya pikir cocok dengan pekerjaan saya, saya kerjain. Kalau saya enggak cocok, ya saya lihat-lihatlah,” katanya.

Luhut merasa bahwa ia bekerja di bawah kepemimpinan Presiden Jokowi dalam lima tahun terakhir. Luhut beranggapan bahwa kinerja Presiden Jokowi cukup terbukti berdasarkan pengalamannya dalam kunjungan kerja ke sejumlah negara dua pekan terakhir.

“Semua memberikan penilaian yang sangat tinggi pada Presiden Joko Widodo. Saya kira membanggakan, sehingga apa yang saya cerita sama Anda semua, itu terjadi karena kredibilitas Presiden Joko Widodo,” katanya.

“Itu bukan saya saja yang ngomong. Di luar (negeri) mereka masih ingat judul pidato Presiden yang Winter is coming itu,” katanya.

Luhut berkeinginan agar kebijakan terkait hilirisasi akan diteruskan di periode kedua kepemimpinan Presiden Jokowi. (NRY-harianindo.com)